Tingkatan Hacker lengkap Penjelasannya

Selamat malam om...  Salam Tamfan Dari Ane :v

Ane mau ngasih tau sedikit penjelasan tentang hacker, Programer,  phreaker, cracker, scammer, defacer, script kiddies, hacker wannabe, dan newbie :D


Hacker

adalah Hacker merupakan golongan profesional komputer atau IT, mereka boleh terdiri daripada jurutera komputer, pengaturcara dan sebagainya yang memiliki pengetahuan tinggi dalam sesuatu sistem komputer. Hacker mempunyai minat serta pengetahuan yang mendalam dalam dunia IT sehingga berkeupayaan untuk mengenal pasti kelemahan sesutu sistem dengan melakukan uji cuba terhadap sesuatu sistem itu. Namun, para hacker tidak akan melakukan sebarang kero\usakkan terhadap sesuatu sistem itu dan ia adalah merupakan etika seorang hacker.






Programer

Programmer merupakan orang yang mampu membuat program/perangkat lunaknya shg dapat menjalankan perangkat kerasnya/hardware.
example :programmer computer,programmer microchip dll.

tetapi disini saya hanya sebatas membahas ttg programmer computer saja.

jadi sebuah komputer tidak akan bisa berjalan walaupun sudah tersedia perangkat kerasnya namun tidak tersedia programnya .
dari faktor tsb, dapat kita tarik kesimpulan yaitu:

1) menyebabkan harga software lebih mahal daripada harga hardwarex sendiri

dan dari kesimpulan tsb , banyak muncul faktor lainnya seperti:

-Seseorang akan berusaha sekeras mungkin untuk mendapatkan software dg murah /bajakan, atau dengan kata lain menimbulkan kriminalitas/illegal .


Dari artikel diatas kita tahu bahwa peran seorang programmer memang sangat menentukan di dunia percomputeran .

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mempelajari programmer mari kita bagi2 ilmu di blog ini ok!

Bahasa Pemrograman(Language programming)Salah satu alat yg dibutuhkan programmer untuk membuat program adalah bahasa pemrograman atau language programming.Bahasa pemrograman dibagi berdasarkan fungsinya untuk membuat program:

Web Language program
terdiri atas:
1)PHP
2)Javacript
3)Html (sebenernya sudah bawaan dari windows) dll

Database Language program
terdiri atas:
1)MySQL
2)VB dll

System Language program
terdiri atas:
1)C
2)C++
3)Java
4)Phyton
5)D
6)VBasic dll


Cracker,

cracker bisa di kategorikan sebagai orang yang memahami jenis pemrograman tingkat tinggi dan sedikit pengetahuan jaringan. UMUM-nya kracker kebanyakan membuat kemampuan untuk membuah sebuah program untuk meng-disfungsikan/
me-manipulasi jalur yang seharusnya. Contohnya: kracker membuat sebuah program agar program yang seharusnya berbayar menjadi gratis. kracker tidak terlalu memahami seluk beluk jaringan mereka kebanyakan umum-nya cenderung menyukai segala sesuatu yang bersifat GRATISAN.

Defacer,

Pernah ada suatu kasus saya melihat orang dengan bangganya memamerkan nama panggilannya didalam sebuah website milik orang lain. Lalu berkata “Website itu sudah aku hack” HACK? SUMPE LO? defacer kebanyakan umum-nya adalah orang iseng yang sedang ingin mencoba mencari tau baik dari segi ilmu, kemampuan, dan jati diri… kebiasaan yang paling mudah diketahui adalah mereka gemar merubah tampilan website menggunakan/memanfaatkan kelemahan bug/kecacatan dalam sebuah program. Defacer umumnya tidak begitu memahami tentang level pemrograman mereka lebih cenderung memahami tentang kinerja sebuah webserver beserta script yang ada didalamnya.

Phreaker,

Mungkin jarang di Indonesia yang pernah mendengar kata ini. Phreaker ini sebenarnya hampir sama sifatnya dengan kracker dimana sama-sama menyukai GRATISAN. Bedanya Phreaker lebih fokus ke dalam bug jaringan/telekomunikasi. Contoh mudahnya orang bisa menelpon ato ngenet gratis padahal seharusnya berbayar, atau contoh lainnya seseorang menggunakan bug yang ada didalam sebuah perusahaan telekomunikasi (meskipun tidak diketahui bocornya informasi ini hasil sendiri atau diberi tahu orang dalam) itu adalah salah satu kegiatan phreaking dan orang yang melakukannya di sebut phreaker.

Hacker Wannabe,

ini yang sangat banyak dan mudah di jumpai di Indonesia banyaaaaaaakkkkkkkkk sekaliiiii… terutama di forum-forum. Saya kurang paham arti harfiah hacker wannabe tapi sebenarnya ini lebih cenderung mengarah ke psikologi dimana umum-nya para hacker wannabe ini ingin melakukan sesuatu yang gila dan di luar kenormalan baik di dalam cakupan kemampuannya atau diluar kemampuannya dengan tujuan mendapatkan pengakuan “hebat” atau “mampu” dari orang di sekitarnya. Contoh paling mudah kalau kalian punya teman yang mengaku bisa/jago hacking facebook/friendster dia termasuk dalam kategori hacker wannabe ini…

Script kiddies
, Ini juga sangat mudah dan banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak

bisa di temukan di Indonesia. Kebanyakan script kiddies ini kebanyakan berbicara blablabla padahal sebenarnya dasar tentang apa yang dia lakukan dia tidak paham. Script kiddies bisa di masukkan dalam kategori advanced user dimana keahliannya adalah “menggunakan” bukan “menemukan” apalagi sampai tingkat “menciptakan” kebanyakan manusia bergaya script kiddies adalah para defacer yang suka merubah tampilan website dengan menggunakan tools/software/program yang bukan buatannya/hasil pemikirannya sendiri.

Scammer

Kalau ini sih dulu sempat booming di Indonesia sekitar tahun 2000-2005 kalau di Indonesia dulu di beri julukan frauder alias penipu dunia maya yang cenderung menyukai melakukan penipuan/manipulasi/
generalisasi kartu kredit untuk mendapatkan beberapa barang kesukaannya. Hampir sama jenisnya dengan kracker/phreaker namun sangat ceroboh dan bodoh. Umumnya scammer/frauder ini memahami tentang seluk beluk jaringan namun sangat buta tentang pemrograman dasar dan keamanan.

Newbie… kalau yang ini sih sudah tidak perlu di letakkan dalam posisi abu-abu. Group newbie ini memang benar-benar pemula alias orang yang mungkin benar-benar baru menggunakan komputer. Kebanyakan newbie bisa berkembang menjadi Hacker, kracker, Defacer, Phreaker, Hacker Wannabe, Script kiddies, sampai Scammer. Newbie ini seperti sebuah telur yang akan ditentukan oleh tingkat pengetahuannya untuk menangkap sebuah pelajaran atau keadaan lingkungannya. Newbie bisa berubah menjadi apa saja asal ada pendukungnya dan bagaimana cara dia menilai sesuatu berdasarkan pikirannya.
Di urut berdasarkan tingkat kemampuan dan berbahaya-nya reputasi berdasarkan kategori :

1. Hacker

2. Programer

3. Phreaker

4. Cracker

5.Scammer Defacer

6. Defacer Script kiddies

7. Script kiddies

8.Hacker wannabe
9. Newbie 
 ( Tapi, Di komunitas Kami tidak ada yang namanya Newbie, Hacker Wannabe :D ataupun Mastah (Master) )


Sekian um Dari saya :D 


./ Memberal_Force ( Rasti Putri )







Src: http://xpicha.blogspot.com
Share on Google Plus

About Naufal Serfusion

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar :

  1. min mau nnya ni,bleh mntak link LINUX sma cara pkai nx min..
    wassalam.

    ReplyDelete
  2. Are you looking for free Google+ Circles?
    Did you know that you can get these AUTOMATICALLY AND ABSOLUTELY FREE by using Add Me Fast?

    ReplyDelete
  3. BlueHost is the best web-hosting company for any hosting plans you might need.

    ReplyDelete

Silahkan Ber-Komentar bro.. :)
SOPAN WAJIB !!